Minggu, 7 Februari 2016

Contoh Laporan PKL lengkap Perhotelan

Laporan Lengkap Praktek kerja industri (PKL)




MENANGANI KEBERSIHAN LINEN-LINEN ,SERAGAM , MAUPUN BAJU TAMU
DI GINO FERUCI BRAGA HOTEL BANDUNG
Laporkan ini di ajukan sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti uji kompetensi dan kenaikan kelas
Disusun Oleh:
Ira Krisdayanti
NIS: 63171

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
WIDYA UTAMA
AKOMONDASI ​​PERHOTELAN
BANDUNG
2015



LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Mengetahui


(Wawan Sawaludin, DIPL.H)                           (Hani Andriyani, S.Pd)
Ketua Program Pembimbing                                                      

(Iman Sulaeman)
KEPALA SEKOLAH
  


HOTEL LEMBAR PENGESAHAN

                                               Mengatahui:
                                                Manajer HRD
                                                (Putri Tania)
      EHK:
                                                (Agus Setiawan)



KATA PENGANTAR


Bismillahhirohmannirohim

Alhamdulilah puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena terima kasih pertolongan dan izin-Nya dapat diselesaikan Tugas Pekerjaan Industri (PRAKERIN) selama 4 Bulan di GINO FERUCI BRAGA HOTEL BANDUNG dan sampai pada pembuatan laporan akhir ini dapat diselesaikan dengan baik.
Laporan ini tidak dapat diselesaikan sesuai dengan yang diharapkan tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu saya setuju terima kasih sebesar-untuk:
1. Allah SWT yang telah memberikan tenaga dan pikiran sehingga membuat laporan ini dengan tepat waktu.     
2. Dan tidak lupa untuk Orang Tua yang telah banyak membantu dalam hal moril dan materi, karena tanpa dukungan dan do'a saya tidak dapat menyelesaikan laporan ini.     
3. DR.Dadi Permadi Selaku Ketua Yayasan PAIDIEA CENTER.     
4. Komala Dra.Hj, MMPd selaku Kepala Sekolah SMK Widya Utama.     
5. Bapak. Wawan Sawaludin, program selaku ketua DIPL.H.     
6. Ibu Hani Andriyani, S.Pd Selaku Pembimbing.     
7. Ibu Azfia Agustina, S.Pd Selaku Wali Kelas.     
8. General Manager Ibu Ratu Irmaselaku .     
9. Ibu Putri Tania selaku Koordinator SDM .     
10. Bapak. Agus Setiawan selaku Pengurus Rumah Tangga Eksekutif. 
11. Bapak. Miftahul tawas AmriSapu tra Andri Maulana, Bud man selakuHousekeeping Pengawas.      
12. Seluruh teman-teman Prakerin lainnya yang telah memberi dukungan dan bantuannya (Devi, Tira, Feby, Alda, Puput, Rudiansyah, Bagas, Rifki) 
13. Serta untuk seluruh staf dan karyawan GINO FERUCI BRAGA HOTEL BANDUNG (Brian octorra, maulana yusuf, Irwan kurniawan, cepy, Abdul Rohman, Dhita, Dicky Santosa, Dede, Aldy, Dheny, Kiki, Indra, Yadi)   
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dalam penyusunan laporan ini.
Akhir kata kami berharap laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, Amin


                                                                                                Bandung, Mei 2015


Ira Krisdayanti





DAFTAR ISI

Lembar pengesahan I
Lembar pengesahan II
Kata Pengantar .................................................... .................................................. ....................saya
Daftar Isi
BAB I   PENDAHULUAN
Latar Belakang ................................................ .................................................. .......... 1
Rumusan Masalah PRAKERIN ............................................... ................................... 2
Batasan Masalah PRAKERIN ............................................... ..................................... 3
Tujuan dan Manfaat PRAKERIN .............................................. ................................. 3
Sistemaika Penulisan...................................................................................................4
BAB I   LANDASAN TEORI
2.1 Sejarah Pendirian Pendirian Perusahaan.....................................................................6
2.2 Sruktur Organisasi.................................................................................................... 16
2.3 Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja ..................................................................... 20
BAB IIIPELAKSANAAN PRAKTEK KERJA DI PERUSAHAAN
3. 1 Pelaksanaan Jenis Kegiatan......................................................................................21
3.1.1 Jenis-Jenis Kegiatan...........................................................................................21
3. 1.2 Langkah-Langkah Kerja/Proses Kerja..............................................................22
3. 1.3 Hasil yang Diharapkan......................................................................................26
3.2 Hambatan-Hambatan yang di Alami.....................................................................27
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan................................................................................................................28
4.2 Saran-Saran................................................................................................................30

DAFTAR LAMPIRAN
FOTO COPY JURNAL PRAKERIN
FOTO COPY PELAKSANAAN PRAKERIN

Daftar Pustaka
Riwayat Hidup
  ...........................

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sejarah perkembangan hotel di Indonesia sudah di mulai sejak zaman dahulu, Pada abad ke-18 di kota-kota besar Eropa dan Amerika, mulai bermunculan hotel-hotel modern. selain memiliki fasilitas lengkap danjuga memiliki jumlah kamar yang banyak.
Hotel-hotel modern mulai didirikan di banyak kota besar, seperti London, Paris, Newyork,  Boston,  San Fransisco,  dan lainnya. Para pengelola hotel-hotel ini tidak hanya menawarkan paket pelayanan kamar saja, tetapi juga mulai menyediakan tempat pertemuan dan konverensi beserta perangkat teknologi terbaru yaitu telepon dan televisi.
Di Indonesia perkembangan hotel secara modern diawali dengan dibukanya Hotel Indonesia pada tahun 1962 di Jakarta. Para pengusaha nasional pada waktu itu membentuk suatu asosiasi yang disebut dengan Organisasi Perusahaan Sejenis (OPS). Saat ini di Indonesia telah terdapat organisasi untuk usaha perhotelan yang disebut Perhimpunan Hotel danRestaurant (PHRI).  PHRI berperan sebagai asosiasi yang berpartisipasi dalam perkembangan usaha perhotelan dan usaha restaurant.
Hotel adalah suatu layanan akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk jasa penginapan, makan dan minum serta jasa penunjang lainnya yang di peruntukan untuk umum dan di kelola secara komersial.
Keberhasilan suatu hotel untuk memiliki banyak pelanggan atau tamu bukan hanya dari pihak dalam maupun kegiatan di dalam hotel, perlu ada kegiatan penunjang lain dalam meraup banyak tamu contohnya promosi dengan menggunakan fasilitas seperti baligho, iklan, koran, televisi dan yang canggih adalah internet.
Praktek kerja lapangan adalah salah satu bentuk program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada laporan ini sebagai berikut :
Bagaimana cara menangani kebersihan pakaian tamu?
 Apa  pengertian  Laundry, beserta tugas, dan tanggung jawab seorangLaundry?





Batasan Masalah

 Berhubung banyaknya masalah yang ada di Gino Feruci Braga Hotel maka penulis batasi masalah dalam laporan ini “MENANGANNI KEBERSIHAN LINEN-LINEN, UNIFORM, MAUPUN BAJU TAMU DI GINO FERUCI BRAGA HOTEL BANDUNG “

Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari prakerin sebagai berikut :
Memperkenalkan siswa kepada dunia usaha.
Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya
Membentuk mental siswa atau siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten
Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profosional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
 Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas terhadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi dunia usaha yang sesungguhnya.
Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis – jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Prakerin.
Agar siswa siswi dapat menghayati proses kegiatan mengenal industri atau usaha secara luas, sehingga dapat membawa pengalaman kerja lapangan tersebut dalam proses pendidikan pengajaran pada saat selesainya Prakerin
Sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Kenaikan Kelas

Manfaat prakerin
Adapun manfaat dari Prakerin sebagai berikut :
Agar siswa mengetahui dan mengenal lapangan kerja yang sebenarnya
Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan yang di miliki siswa sebagai bekal memasuki dunia kerja yang dipilih sehingga tidak merasa canggung bila terjun ke dunia kerja
Siswa atau siswi  mengetahui  kerja langsung di lapangan
Mempermudah melamar ke perusahaan lain.

1.5 Sistematika Penulisan
Dalam pembuatan laporan akhir Praktek Kerja Industri, penulis menguraikan sistematika penulisan laporan sebagai berikut :

BAB I Pendahuluan
Yang menjelaskan tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan Manfaat , Sistematika Penulisan

BAB II Landasan Teori
Menjelaskan tentang Sejarah Pendirian Perusahaan, Struktur Organisasi, Displin Kerja dan Keselamatan Kerja

BAB III Pelaksanaan Praktek Di Perusahaan
        Menjelaskan Pelaksanaan Jenis Kegiatan, Jenis-Jenis Kegiatan, Langkah-Langkah Kerja/Proses Kerja, Hasil Yang Di Harapkan, Hambatan-Hambata Yang Di Alami
BAB IV Penutup
        Yaitu Kesimpulan Dan Juga Saran-Saran
Daftar Lampiran
FOTO COPY JURNAL PRAKERIN
FOTO PELAKSANAAN PRAKERIN
..........................................................













BAB II
LANDASAN TEORI


2.1  Sejarah pendirian perusahaan Gino Feruci Braga Hotel Bandung

Hotel Gino Feruci Braga adalah hotel ke 10 yang didirikan oleh KAGUM GROUP, terletak di pusat kota Bandungtepatnya di Jalan Braga nomor 67, Hotel Gino Feruci Braga memiliki akses yang sangat mudah menuju Stasiun Kereta Api maupun Bandara Internasional Husein Sastranegara,Selain itu juga terletak di lokasi yang sangat strategis bagi wisatawan yang mencari tempat kuliner, hiburan maupun tempat perbelanjaan yang ada di kota Bandung.
     
        Hotel Gino Feruci Braga Bandung resmi beroperasi pada tanggal 23 September 2012 dan diresmikan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada. Ceremony pembukaan dilaksanakan dengan pemotongan tumpeng serta pelepasan 10 burung merpati dan 100 balon. Ini menandakan Hotel Gino Feruci BragaBandung  hoteke-10 yang ada di kota Bandung
     
       Hotel Gino Feruci BragaBandung, memiliki 131 kamar yang terbagi menjadi beberapa tipe,Superior, Deluxe, Executive dan Suite. Hotel dengan bangunan 17 lantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, terdapat 14 ruang pertemuan yang terbagi dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, dan dapat menampung hingga 130 orang. Selain itu, fasilitas lain yang diberikan adalah D’Rissoto Restaurant, yang menawarkan menu yang berkualitas dengan cita rasa lezat yang disajikan langsung oleh ChefGino Feruci Braga Bandung
    
         Terdapat juga Chianti Lounge and Bar yang berada di area lobby, memiliki suasana yang nyaman dan menyediakan berbagai macam minuman yang menyegarkan. Terdapat juga Sub.lime sky lounge yang berada di lantai 17 dengan pemandangan kota bandung dan semi outdoor yang menyediakan berbagai macam minuman alkohol dan non alkohol serta berbagai makanan lezat berkualitas. Selain itu, Palazzi Party Venue, dengan luas 870sqm, Palazzimerupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk semua kebutuhan para tamu, dengan konsep indoor dan outdoor, yang berada di lantai 5, dengan pemandangan kota Bandung. pendukung lainnya adalah pusat niaga, pusat kebugaran  dan  juga kolam renang, yang berada di lantai 5, untuk Anak-anak dan Dewasa.
Keistimewaan Gino Feruci Braga Hotel Bandung yaitu dari segi lokasi yang mudah di jangkau kendaraan dan fasilitas yang lengkap dapat memuaskan bagi siapa saja yang berkunjung dan menginap.
Gino Feruci Braga Hotel Bandung merupakan Hotel yang berada di bawah naungan PT Kagum Yakin Abadi yang didirikan pada akhir tahun 2007 hotel pertama yang dikelola Kagum Group adalah Grand Serela yang telah beroperasi selama 4 tahun, dengan target mengelola 5 hotel pada akhir tahun 2009 dengan 5 hotel tambahan pade fase berikutnya. Target memiliki 1000 buah kamar pada akhir tahun 2009. Dan ciri khas yang unik dan berbeda pada setiap hotelnya

Klasifikasi Kamar di Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Adapun beberapa fasilitas-fasilitas yang ada di Hotel Gino Feruci Braga diantaranya :
ROOM TYPE
Size
Twin
King
Total Room
Superior
20 m²
54
36
90





Deluxe
23 m²
18
9
27
Executive
26 m²
-
9
9
Suite
52 m²
-
5
5

Jenis Kamar
Hotel Gino Feruci Braga memiliki 131 kamar, adapun jenis kamar diantaranya :
Superior  yang ada di lantai 6 yaitu : 603, 606, 608, 610, 611, 612, 615, 616, 617, dan 618.
di lantai 7 yaitu : 703, 706, 708, 710, 711, 712, 715, 716, 717, dan718.
di lantai 8 yaitu : 803, 806, 808, 810, 811, 812, 815, 816, 817, dan 818.
di lantai 9 yaitu : 903, 906, 908, 910, 911, 912, 915, 916, 917, dan 918.
di lantai 10 yaitu : 1003, 1006, 1008, 1010, 1011, 1012, 1015, 1016, 1017, dan 1018.
di lantai 11 yaitu : 1103, 1106, 1108, 1110, 1111, 1112, 1115, 1116, 1117, dan 1118.
di lantai 12 yaitu : 1203, 1206, 1208, 1210, 1211, 1212, 1215, 1216, 1217, dan 1218.
di lantai 15 yaitu : 1503, 1506, 1508, 1510, 1511, 1512, 1515, 1516, 1517, dan 1518.
di lantai 16 yaitu : 1603, 1606, 1608, 1610, 1611, 1612, 1615, 1616, 1617, dan 1618.
Deluxe yang ada di lantai 6 yaitu : 602, 619, dan 620
di lantai 7 yaitu : 702, 719, dan 720.
di lantai 8 yaitu : 802, 819, dan 820.
di lantai 9 yaitu : 902, 919, dan 920.
di lantai 10 yaitu : 1002, 1019 dan 1020.
di lantai 11 yaitu : 1102, 1119, dan 1120.
di lantai 12 yaitu : 1202, 1219, dan 1220.
di lantai 15 yaitu : 1502, 1519, dan 1520.
di lantai 16 yaitu : 1602, 1619, dan 1620.

Executive yang ada di lantai 6 yaitu : 601.
di lantai 7 yaitu : 701.
di lantai 8 yaitu : 801.
di lantai 9 yaitu : 901.
di lantai 10 yaitu : 1001.
di lantai 11 yaitu : 1101.
di lantai 12 yaitu : 1201.
di lantai 15 yaitu : 1501.
di lantai 16 yaitu : 1601.

Suite, ada 5  kamar yaitu kamar 668, 768, 868, 968, dan 1068

Adapun fasilitas yang disediakan di kamar diantaranya
City center view
Comfortable Beds.
Make up room.
Pick up laundry.
Hot or Cold Water.
Coffee and Tea Maker.
Free Internet Access.
Rain shower.
Telephone.
Flat LCD Television.
King size bed (2x2).
Twin size bed (1,35x2).
24 hours room service.
Kiblat sign.
Individual air conditioning.
In room deposit box (Laptop Size).
Smoking & Non Smoking room.
Hair dryer.
55 tv channel.
Guest room amenities.
Guest stationary.
2 bottles of purified water.
Complimentary Shoeshine.
Bath Tube (Only Suite Room)



Gambaran Meeting Room di Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Gino Feruci Braga Hotel Bandung Memiliki 14 meeting rooms, diantaranya :
Bologna (30-60 pax),
 Monza (36-90 pax),
Teramo (5-10 pax),
 Cremona (15-40 pax),
Anzio(5 pax),
Tivoli (5 pax),
 Genoa (30-80 pax),
Palermo (30-80 pax),
 Perugia (18-50 pax),
Modena (30-70 pax),
 Brescia (36-90 pax),
Pescara (5-10 pax),
Bolzano (42-120 pax),
 Salerno (36-90 pax).
 Palazzi Party Venue (100-300 pax)
Fasilitas Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Business center.
Free internet access (WIFI).
D'Rissoto restaurant.
Arcantara spa and fitness center.
Concierge service.
Out door and kids pool with pool desk.
24 hours security.
Chianty Lobby Lounge.
Sublime Sky Lounge
 Penjemputan dari Airport / Train Station.
Welcome Drink.
 3 Guest Elevator.
Laundry & Dry cleaning



Shopping place at Kagum Group
 “Cihampelas Point”, Jl. Cihampelas, Bandung
“Aladdin” , Jl. Cihampelas , Bandung
“Cat Woman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Superman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Spiderman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Galeria”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Korek Api”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Batman”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Super Hero”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Iron Man”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Super Rambo”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Mr.Bean”, Jl. Cihampelas , Bandung
“Wanted”, Jl. Kebon Kawung , Bandung
“Jet Set”, Jl. Ir. H. Juanda, Bandung
“Runway”, Jl. Ir. H. Juanda, Bandung
“Gossip”, Jl. Ir. H. Juanda Bandung
“Jessie James”, Jl. R.E.Martadinata, Bandung
“Stamp”, Jl. R.E.Martadinata, Bandung
“Lily ‘n Rose Lifestyle Store”, Jl. Riau 57 Bandung
“KPK”, Jl.Cihampelas, Bandung
 “Rumah ABG”, Jl.Chimapelas 147 Bandung
Tempat Oleh - Oleh Terdekat Dari Hotel
Kartika Sari : Jl H Akbar No 4, Jl Ir H Juanda, Jl Terusan Jakarta, Jl Buah Batu, Dago
Brownies Kukus Amanda : Jl Lengkong Kecil
Soes Merdeka : Jl Merdeka, Jl Buah Batu dan Jl Jend Gatot Subroto
Maicih : Ma Icih hanya dijual di dalam mobil, dengan lokasi penjualan yang tidak menentu
Keripik Karuhun : Untuk mengetahui lokasi penjualan, Anda harus melihat twitter Keripik Karuhun, yaitu @keripikkaruhun
Toko Roti Jadul Sidodadi : Jl. Otto Iskandar Dinata 255 Bandung
 Roti Bawean : jl. Bawean no 4
 Bagelen Toko Kue Abadi : Jl.Purnawarman 49
 Bagelen Merbabu Bread & Cookies : Jl. Karang Mulya no 8 Setiabudi
 Kopi Aroma : Jl. Banceuy no 51 Bandung
 Gepuk Ny. Yong : Jl. Pasundan no 15, Jl. Sawo no 6, Jl. Setiabudi no 144, Jl. RE Martadinata no 57




2.2 Struktur Organisasi Hotel
General Manager

Execuvitve Secertary

Room Division Manager


Executive Chef

Asst FBM

CA

HRD

Shift Leader HK

Laundry Attendent

Asst CE

HK Supervisior

Executive HK

Room Attendent

HK Supervisior

Room Attendent

Asst DOS

Shift Leader


Trainee
 




















Struktur Organisasi Departement
Trainee

Room Attendant

Shift Leader

Room Attendant

Room Attendant

HK Supervisor

Laundry Attendant

Executive Housekeeping

Shift Leader

HK Supervisor
 





  











Hotel Operational memiliki beberapa departement yang memiliki tujuan yang sama yaitu membuat tamu merasa nyaman dan puas ketika menggunakan fasilitas hotel. Setiapdepartement memiliki seorang pimpinan atau manager yangbertanggung  jawab kepada General Manager sebagai pimpinan tertinggi dalam organisasi hotel.
                        Berikut adalahdepartement yang ada di hotel :
Front Office Departement
Departement bagian depan hotel yang bertanggung jawab menyambut ,
Melayani tamu dari mulai check in , handling complaint , hingga check out,
Bertugas juga untuk mengurus pesanan dan penjualan kamar kamar.
Food and Beverage Departement
Suatu departement yang bertanggung jawab menyediakan makanan dan minuman yang di butuhkan oleh tamu,Food and Beverage departement di bagi dalam 2 bagian , yaitu :
Food and beverage Service
Bagian yang melakukan pelayanan makanan dan minuman atau bagian tata hidang (waiteer/waitrees)
Food and beverage Product
Bagian yang  berperan memproduk atau menciptakan makanan yang berkualitas untuk sebuah hotel ataurestaurant.


House Keeping Departement
Suatu departement yang bertanggung jawaab menjaga , merawat dan membersihkan seluruh area hotel baik eksternal maupun internal.
Engineering Departement
Suatu departement yang bertanggung jawab dalam hal teknisi atau proyek di area hotel tersebut.
Accounting Departement
Suatu departemen yang berhubungan dengan kasir yang melakukan pembayaran gaji , uang service, upah lembur, serta menguruskan pembukuan serta keuangan.
Sales dan Marketing Departement
Suatu deprtement yang mempromosikan produk unggulan sebuah hotel bertgas untuk pemasaran dari pada produk hotel.
Security
Bertanggung  jawab di dalam merencanakan pengawasan terhadap keamanan dan ketertiban hotel







2.3 Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja

2.3. 1 Disiplin Kerja

Menjaga Kebersihan  Lingkungan Kerja
Datang tepat waktu
Tidak Memainkan Handphone Pada Saat Jam Kerja
Mematuhi Peraturan Yang Sudah di Terapkan di Hotel
Memberikan  Pengaruh  Positif  Dalam Dunia  Kerja
Apabila Tidak Masuk Kerja di Haruskan Memberitahu dan Memberi surat Izin/Sakit
Memberikan Pengaruh Positif Dalam Dunia Kerja
Memelihara dan Menjaga Property dan Aset Perusahaan

Keselamatan Kerja
Jauhkan Benda Yang Mudah Terbakar
Harus teliti pada saat mencuci pakaian tamu
Berhati-hati Pada Saat Menggunakan Chemical
......................................................................................





BAB III
PELAKSANAAN KERJA DI PERUSAHAAN

Pelaksanaan Jenis Kegiatan

3.1.1 Jenis-Jenis Kegiatan
Cleaning area Laundry (Membersihkan seluruh area laundry dari mulai)
Take out Laundry (mengambil pakaian kotor di kamar yang akan di laundry)
Mencatat laundry  (setelah mengambilpakain  di kamar)
Marking (menandai pakaian tamu  agar tidak tertukar dengan pakaian tamu yang lain )
Sortir (memisah-misahkan cucian tamu dasar)
Washing (melaksanakan proses pencucian )
Drying (proses pengeringan pakaian)
Iron (proses menyetrika)
Packing (proses membukus pakaian tamu)
Billing (tagihan pembayaran)
Delivery Laundry (mengantar pakaian tamu yang sudah di cuci/bersih)
Posting (memposting bill pembayaranlaundry )
Membawa soil (Membawa soil pada setiap room boy)
Menyortir soil  (memilih macam-macam linen antara lain yaitu,  sheet, duffe, pillow case, hand towel, bath math, bath towel, dll)
Menghitung soil (menghitung soil untuk di cuci keluar)
3.1.2 Langkah-Langkah Kerja

Cleaning area Laundry :
Membersihkan mesin pengering :
Membersihkan debu yang ada pada mesin
Mengecek mesin pengering
Membersihkan mesin pencuci :
Mengecek mesin cuci
Membersihkan kotoran yang ada didalam mesin cuci
Membersihkan rak linen :
Merapihkan linentowel ke dalam rak
Memilah - milah linen yang masih bagus dengan linen yang sudah sobek
Membersihkan area laundry
Swiping
Mopping
Mengtake out yang tidak perlu di simpan di laundry

Take out laundry :
Menekan bell sambil berkata (Housekeeping)
Lalu menanyakan (apakah ada laundry)
Mengambil pakaian kotor di kamar
Menuliskan nomor room
Marking ke dalam log book laundry

Mencatat laundry :
Mencatat pada loog book laundry
Mencatat tanggal, nomor roomitem, jenis pakaian, warna dan merk

Marking :
Menuliskan tanggal, nomor kamar,item, jenis pakaian, warna dan merkpakaian dengan teliti
Menuliskan nomor kamar pada kertas khusus marking
Lalu menempelkan nya pada kerah baju dengan stapler

Sortir
Jenis bahan
Bentuk cucian
Tingkat pengotoran
Warna cucian
Sortir  pakaian yang putih dengan pakaian yang warnanya mudah pudar



Washing   
Memasukkan pakaian
Menuangkan chemicalsoftener
Mengatur banyaknya air
Mengatur kekuatan memutar
Mengatur waktu mencuci

Drying
Memasukan pakaian kedalam tumbler
Mengatur suhu
Mengatur waktu pengeringan

Iron
Prepare pakaian yang akan disetrika
Mengatur suhu iron
Semprotkan pewangi pakaian
Setrika pakaian dengan rapih

Packing
Rapihkan pakaian sebelum di masukkan ke dalam plastik
Masukkan pakaian yang sudah rapih
Lalu beri perekat agar rapih pada saat di packing
 Billing
Menuliskan tanggal,nomor kamar
Jenis pakaian, berapa item
Menghitung semua jumlah pakaian

Delivery Laundry
Menelpon tamu terlebih dahulu
Menanyakan apakah pakaiannya mau di antarkan sekarang atau nanti
Bell 3x apabila mau di antarkan sekarang

Posting
Menuliskan nomor kamar
Menuliskan berapa item pakaian
Menjumlahkan berapa semualaundryan
Mengantarkan bill ke front office

Membawa soil
Membawa soil ke setiap room boy
Mengecek setiap pantry


Menyortir soil
Memilih-milih soil  dan menyimpan ketempatannya
Menghitung soil
Menghitung semua soil
Menuliskan berapa sheet, pillow case, hand towel, bath math, bath towel yang kotor untuk di cuci keluar

 3.1.3 Hasil yang diharapkan

            Hasil yang di harapkan selama penulis melaksanakan Praktek kerja industri (Prakerin) adalah :
Mampu mengetahui tugas dan tanggung  seorang petugas laundryyang baik dan benar 
Mengetahui langsung cara kerja di lapangan
Penulis menjadi lebih mengetahui tata cara menangani jas dengan alatsteamer
Penulis dapat membedakan teori yang dapat di sekolah dan di lapangan
Penulis dapat membawa ilmu dari hotel untuk bekal penulis bekerja nantinya
Penulis dapat melaksanakan praktek lapangan kerja secara baik dan benar dengan prosedur yang sesuai standar hotel.



3.2 Hambatan-hambatan yang di alami
Kurangnya persediaan iron (alat setrika)
Adanya peralatan yang harus di ganti sepertiroda troley, tumbler, dll.
Kurangnya karyawan tetapi tamu yang ingin mencuci banyak
Kurangnya macam-macam chemicalyang tersedia di hotel
Kurangnya kerja sama antardepartment
Kurang nya mesin untuk memproses cucian tamu
......................................................................................









BAB IV
PENUTUP

4. 1 Kesimpulan
Housekeeping Departement adalah salah satu departement yang berperan penting dalam sebuah hotel, dalam hal menjaga dan merawat kebersihan dan keasrian seluruh area hotel.
Housekeeping departement terbagi lagi dalam beberapa section, yaitu : Room, Public Area, Laundry, Gardener, Order Taker. Setiap section tentunya memiliki peranan dan tugasnya masing-masing, dan satu dengan yang lain saling terikat dan membutuhkan.
Housekeeping departementmendukung keberadaan departement- departement yang berada di Gino Feruci Braga Hotel Bandung
Penulis dapat melaksanakan praktek lapangan kerja secara baik dan benar dengan prosedur yang sesuai standar hotel, selama 4 Bulan
 Seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linenyang bersih untuk keperluaan kamar,restaurant dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.

Saran-saran
Saran-saran hotel
Perbanyak karyawan
Tetap jaga hubungan kekeluargaan antar departement
Tingkat kan kualitas laundry agar lebih baik
Perbanyak chemical
Mohon diadakannya team general cleaning (GC) khususnya untuk ruang lingkup laundry
Meningkatkan sarana dan prasarana di hotel agar operasional kerja bisa berjalan dengan lancar tanpa adacomplaint
Memperluas smoking araea dan memberikan ruang terbuka untuk para tamu yang meroko.
Senior seharusnya dapat memberikan bimbingan dengan baik secara berkala kepada daily worker maupun traineenya
Memberikan fasilitas yang lengkap bagi karyawan seperti menambah liftkaryawan agar fasilitas tamu tidak dipakai oleh karyawan
Untuk menunjang kelancaran operasional kerja housekeepingdiharapkan agar kelengkapan peralatan lebih dilengkapi


  
 Saran saran untuk sekolah :
 Sebaiknya sekolah mempersiapkan siswa dengan banyak materi agar siswa tidak canggung untuk melakukan prakerin
 Sebaiknya fasilitas-fasilitas di sekolah lebih di tingkatkan lagi
Tambahkan lagi ruang untuk praktek siswa
Mengharapkan agar pihak sekolah melengkapi peralatan praktek seperti : alat-alat housekeeping chemical,mesin-mesin
............................................................................
 


Daftar Pustaka

Sumber : 
 Gino Feruci Braga Hotel Bandung
            Ibu Putri Tania selaku HR Coordinator
            Buku catatan selama PRAKERIN
            Supervisor 
( tata cara menangani laundry tamu)

Komentar